Senin, 31 Mei 2010

Penderitaan Dan Sebab-Sebabnya..

Kata “derita” berasal dari bahasa sansekerta dhra yang artinya menahan atau menanggung. Yang berarti menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan tiap individu manusia berbeda-beda, karena suatu peristiwa yang dianggap sebagai penderitaan oleh seseorang belum tentu penderitaan bagi orang lain.
Secara sederhana sebab-sebab timbul penderitaan manusia dapat dikelompokkan menjadi sebagai berikut:
A. Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia
Penderitaan karena perbuatan buruk dapat terjadi dalam hubungan sesama manusia dan juga manusia dengan alam sekitarnya. Penderitaan kadang disebut juga sebagai nasib buruk. Manusialah yang dapat memperbaiki nasibnya sendiri supaya menjadi lebih baik. Contoh perbuatan buruk yang terjadi di dalam hubungan sesama manusia yang menyebabkan penderitaan, misalnya :
1. Perbuatan buruk orang tua yang menganiaya anak kandungnya sendiri yang sampai menyebabkan kematian. Sehingga orang tua tersebut harus mempertanggung jawabkannya kepada hukum, dan agar ia merasakan penderitaan yang pernah dirasakan anaknya.
2. Pembantu rumah tangga yang disiksa oleh majikannya. Sang majikan harus mempertanggung jawabkan semua perbuatannya terhadap sang pembantu agar sang majikan dapat memeperbaiki kesalahannya, dan sekaligus merasakan penderitaan yang pembantunya alami walaupun penderitaan yang dialami berbeda.
Sedangkan contoh perbuatan buruk manusia dengan lingkungan yang meneyebabkan penderitaan antara lain :
1. Musibah banjir dan tanah longsor yang terjadi. Menyebabakan para korban tidak mempunyai tempat tinggal, dan kehilangan sanak keluarga.hal itu merupakan suatu bentuk penderitaan para korban.
B. Penderitaan yang timbul karena penyakit, siksaan/azab Tuhan
Penderitaan yang terjadi karena hubungan manusia belum seberapa jika dibandingkan dengan penderitaan yang diberikan oleh sang pencipta. Usaha manusia mengatasi penderitaan dengan Tuhan yaitu dengan kesabaran, tawakal, dan optimisme.
Pengaruh Penderitaan
Orang yang sedang atau pernah mengalami penderitaan mungkin akan memperoleh bermacam-macam pengaruh dan sikap dalam dirinya. Sikap tersebut ada yang positf, ada juga siakp yang negative. Sikap positif yang biasa didapat yaitu sikap optimis dalam mengatasi penderitaan hidup, dan juga dapat menjadikannya tidak mudah menyerah dalam mengalami masalah.
Sikap negative yang sering terjadi pada seseorang yang mengalami penderitaan yaitu rasa penyesalan yang berlebih , putus asa dan juga dapat yag berakibat fatal bagi dirinya yaitu ingin mencoba bunuh diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar