Senin, 31 Mei 2010

Manusia Dan Tanggung Jawab

Tanggung jawab adalah sifat terpuji yang mendasar dalam diri manusia. Yang menyebabkan frekwensi tanggung jawab masing-masing individu berbeda bergantung dari kepribadian manusia itu snediri

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan segala tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti keadaan wajib menanggung segala sesuatu dari manusia itu sendiri. Tanggung jawab merupakan cirri dari manusia yang beradab/ berbudaya, seseorang itu merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik/buruknya dari perbuatannya itu.

Oleh karena itu tangung jawab dikenal dalam beberapa jenis, yaitu :

1. Tanggung jawab pada diri sendiri

Tanggung jawab diri sendii merupakan yang paling penting, karena jika kita tidak memiliki tanggung jawab pada diri, maka sudah pasti kita tidak dapat bertanggung jawab terhadap hal lain. Tanggnug jawab ini menuntut kesadaran diri masing-masing untuk memenuhi kewajiban diri sendiri dalam mengembangkan kepribadian.

2. Tanggung jawab terhadap keluarga

Keluarga adalah bagian dari masyarakat yang kecil. Setiap anggota keluarga harus memiliki tanggung jawab kepada keluarganya sendiri. Tanggung jawab yang harus dilaksanakan setiap anggota keluarga adalah menjaga nama baik keluarga agar nama keluarga tidak tercemar, selain itu tanggung jawab untuk menjaga kesejahteraan, kehidupan, dan sebagainya yang menyangkut tiap anggota keluarga.

3. Tanggung jawab terhadap masyarakat

Pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan dari manusia lain, karena manusia adalah makhluk sosial. Oleh karena mahluk sosial maka setiap tingkah laku dna perbuatan kita harus dapat ditanggung jawabkan. Contohnya seperti tanggung jawab dalam berpakaian didalam masyarakat, tanggung jawab dalam aturan-aturan yang ada pada lingkungan masyarakat.

4. Tanggung jawab kepada Bangsa dan Negara

Setiap manusia atau tiap individu adalah warga Negara dari suatu Negara. Dalam hal berpikir, berbuat, dan bertingkah laku manusia terikat oleh norma–norma atau hukum–hukum yang berlaku yang dibuat oleh tiap-tiap Negara.

5. Tanggung jawab terhadap Tuhan

Tuhan menciptakan manusia di muka bumi bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi tanggung jawabnya secara langsung terhadap penciptanya yaitu Allah SWT. Tanggung jawab kita sebagai umat manusia terhadap Tuhannya yaitu melaksanakan semua perintahnya dan menjauhi semua larangannya.

Oleh karena itu tanggung jawab sangat penting oleh setiap manusia agar dapat mempertanggung jawabkan segala tingkah laku dan perbuatannya yang baik atau salah yang telah dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar