Senin, 31 Mei 2010

Manusia Dan Harapan

Setiap manusia mempunyai harapan. Manusia yang tidak memiliki harapan, berarti manusia itu mati dalam hidup. Orang yang akan meninggal pun mempunyai harapan, yang berupa pesan kepada ahli warisnya. Harapan tergantung pada pengalaman, pengetahuan, lingkungan hidup, dan kemampuan masing – masing. Berhasil atau tidaknya suatu harapan sangat tergantung pada usaha orang itu sendiri yang mempunyai harapan.
Harapan itu sendiri berasal dari kata harap yang berarti keinginan supaya sesuatu terjadi, sehingga harapan berarti sesuatu yang diinginkan dapat terjadi. Dengan demikian untuk mewujudkan harapan itu harus disertai dengan usaha yang sesuai dengan apa yang diharapkan bila dibandingkan dengan cita – cita.. Harapan dengan cita – cita terdapat persamaan yaitu :
• keduanya menyangkut masa depan karena belum terwujud
• pada umumnya dengan cita – cita maupun harapan orang menginginkan hal yang lebih baik atau meningkat.
Menurut kodratnya manusia itu adalah makhluk sosial. Tidak ada satu manusiapun yang luput dari pergaulan hidup. Ditengah – tengah manusia lain itulah, seorang dapat hidup dan berkembang baik fisik/ jasmani maupun mental/ spiritualnya. Dua hal yang mendorong orang hidup bergaul dengan manusia lain, yakni dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup.
1. Dorongan Kodrat
Kodrat ialah sifat, keadaan, atau pembawaan alamiah yang sudah terjelma dalam diri manusia sejak manusia itu diciptakan oleh Tuhan.
Dorongan kodrat menyebabkan manusia mempunyai keinginan atau harapan, misalnya menangis, tertawa, bergembira, dan sebagainya. Seperti halnya orang yang menonton pertunjukan lawak, mereka ingin tertawa, pelawak juga mengharapkan agar penonton tertawa terbahak – bahak. Apabila penonton tidak tertawa, harapan kedua belah pihak gagal, dan sedihlah para pelawak itu karena tidak sesuai dengan harapan mereka.
Kodrat juga terdapat pada binatang dan tumbuh – tumbuhan. Yang mirip dengan kodrat manusia ialah kodrat binatang, walau bagaimanaupun juga besar sekali perbedaannya. Perbedaan antara kedua manusia dan binatang adalah bahwa manusia memiliki budi dan kehendak.
2. Dorongan Kebutuhan Hidup
Sudah kodratnya pula manusia mempunyai bermacam-macam kebutuhan hidup. Kebutuhan hidup itu dibedakan atas kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani. Untuk memenuhi semua kebutuhan itu manusia bekerja sama dengan manusia lain.
Menurut Abraham Maslow sesuai dengan kodratnya harapan manusia atau kebutuhan manusia ialah :
a. Kelangsungan hidup (survival)
b. Keamanan (Safety)
c. Hak dan Kewajiban mencintai dan dicintai (be loving and love)
d. Diakui lingkungan (status)
e. Perwujudan cita-cita (self actualization)
Dengan adanya dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup maka seorang manusia akan mempunyai harapan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar