Senin, 31 Mei 2010

Manusia Dan Cinta Kasih…

Didalam diri setiap manusia pasti mempunyai rasa cinta. Karena manusia mempunyai akal nafsu dan pikiran. Pada tulisan kali ini akan membahas tentang manusia dan cunta kasih.

Cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kasih merupakan perasaan sayang atau cinta (kepada) atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan., menurut kamus umum bahasa Indonesia karya W.J.S. Poerwadarminta.

Walaupun cinta kasih mengandung arti yang hampir sama, tetapi ada perbedaan antara keduanya. Cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih lebih keluarnya; dengan kata lain bersumber dari cinta yang mendalam itulah kasih dapat diwujudkan secara nyata. Dengan adanya cinta kasih, hidup manusia akan lebih berwarna. Banyak bentuk cinta dan kaasih sayang yang ada didunia, diantaranya :

1. Cinta kepada Sang Pencipta

Manusia pada puncaknya adalah mencintai sang pencipta-Nya yang telah menciptakan alam, yaitu cintanya kepada Allah SWT. Cinta yang ikhlas seorang manusia kepada Allah akan membuat orang tersebut akan cinta ke sesama manusia, hewan, dan semua mahluk ciptaan-Nya, dan alam semesta

2. Cinta Kepada Sesama Manusia

Adalah perasaan simpati yang melibatkan emosi yang mendalam Agar manusia dapat hidup dengan penuh keserasian dan keharmonisan dengan manusia lainnya, tidak boleh tidak ia harus membatasi cintanya pada diri sendiri dan egoismenya.

3. Cinta kepada Keluarga

Keluarga merupakan bagian terkecil dari masyarakat. Yang selalu kita jumpai di suatu tempat di bawah atap dalam keadaan saling ketergantungan, saling mendukung, dan saling membutuhkan antara orang-orang yang berada didalamnya. Karena pada awalnya manusia didunia ini mempunyai perasaan cinta dan kasih sayang didalam keluarga.

Dengan demikian cinta memegang peranan penting didalam kehidupan setiap manusia yang ada dibumi. Karena cinta merupakan landasan dalam membentuk suatu hubungan dengan masyarakat dan sesama manusia, yang dimulai dalam lingkup keluarga untuk menjalin hubungan yang akrab dan erat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar