Senin, 31 Mei 2010

Manusia dan Kebudayaan…

Pembahasan manusi dan kebudayaan ini merupakan bagian awal dari mata kuliah Ilmu Budaya Dasar sebelum melanjutkan tugas lain yang berkaitan dengan pembahasan ini.. Pengertian akan kebudayaan ada bermacam-macam definisi.
Pengertian kebudayaan menurut para ahli diantaranya :
Melville J. Herkovits dan Bronislaw Malinowski dua antrolog terkemuka mengemukakan bahwa Cultural Determinish berarti segala sesuatu yang terdapat didala masyarakat yang ditentukan dengan adanya kebudayaan yang dimiliki masyarakat itu.
E.B.Tylor (1871) seorang antropolog menyatakan Kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat-istiadat dan kemampuan lain serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.
Selo Sumarjan dan Soelaeman Soemardi mengemukakan kebudayaan sebagai semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
Sutan Takdir Alisyahbana mengatakan kebudayaan adalah manifestasi dari cara berpikir.
Koentjaraningrat mengatakan bahwa kebudayaan berarti keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakannya dengan belajar beserta keseluruhan dari hasil budi pekertinya.
Secara umum kebudayaan diartikan sebagai segala sesuatu yang dihasilkan oleh akal budi (pikiran) manusia dengan tujuan untuk mengolah tanah atau tempat tinggalnya, atau usaha untuk dapat melangsungkan dan mempertahankan hidupnya.
Menurut C.Kluckhohn didalam karyannya yang berjudul “Universal Categories of Culture” mengemukakan, bahwa ada tujuh unsur kebudayaan universal yaitu :
1. Sistem Religi (system kepercayaan)
Merupakan produk manusia sebagai homo religious
2. Sistem organisasi kemasyarakatan
Merupakan produk dari manusia sebagai homo socius
3. Sistem pengetahuan
Merupakan produk manusia sebagai homo sapiens
4. Sistem mata pencaharian hidup dan system ekonomi
Merupakan produk dari manusia sebagai homo economicus
5. Sistem teknologi dan peralatan
Merupakan produk dari manusia sebagai homo faber
6. Bahasa
Merupakan produk dari manusia sebagai homo longuens
7. Kesenian
Hasil dari manusia sebagai homo aesteticus
Hubungan antara manusia dan kebudayaan adalah manusia sebagai perilaku kebudayaan, dan kebudayaan merupakan objek yang dilaksanakan oleh manusia. Dalam sosiologi manusia dan kebudayaan dinilai sebagai dwitunggal, yaitu walaupun keduanya berbeda tetapi keduanya menrupakan satu kesatuan. Dan pada kondisi sekarang ini kita tidak lagi membedakan mana yang lebih awal muncul, manusia, kebudayaan , manusia dan kebudayaan, atau manusia dan masyarakat karena mempunyai hubungan keterkaitan yang erat satu sam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar