Selasa, 03 Juli 2012

Game Engine


Pengertian Game engine
        Game engine adalah system perangkat lunak yang menciptakan dan mengembangkan video game. Game engine tidak bisa di jalaankan sebagai program yang berdiri senidri. Artinya diperlukan sebuah program utama sebagat titik utama jalannya program. Biasanya program utama ini relatif pendek. Game engine adalah program yang ‘mengkoordinir’ jalannya suatu program game. Dengan menggunakan engine, kita dapat membuat game software dengan waktu, tenaga, dan biaya yang lebih kurang daripada kita tidak menggunakan engine. Setelah menyelesaikan engine, programmer hanya perlu menambahkan program utama, memakai resources (objek 3D, musik, efek suara) yang baru, dan, jika benar-benar dibutuhkan, sedikit memodifikasi engine sesuai kebutuhan spesifk dari game yang bersangkutan. Program game engine seluruhnya berorientasi objek. Dia lebih bersifat reaktif daripada prosedural. Sulit untuk menggambarkan engine secara keseluruhan dalam flow-chart, karena alur program bisa diatur sesuai dengan keinginan pemakai engine, yaitu game programmer.
Sejarah Game Engine
      Di masa lalu, hampir semua perusahaan game memiiki game engine sendiri. Akan tetapi, dengan semakin berkembangnya zaman, kebutuhan akan game engine semakin bertambah. Dan game engine yang perusahaan kembangkangkan sendiri terlihat semakin mahal. Oleh karena itu, beberapa developer menciptakan game engine yang terbuka untuk di franchise (hak) kan.
      Sebuah game engine memungkinkan penggunaan kembali komponen komponen yang dapat mempercepat hadirnya game menjadi nyata di layar monitor. Beberapa diantara nya yang termasuk dengan itu adalah deteksi tubrukan, tampilan grafis, setting dalam game, artificial intelligence dan lain lain. Semua komponen tadi disatukan dalam game engine.
Sebuah game engine dibagi lagi menjadi dua bagian yaitu, API dan SDK. API ( Applicaiton Programming Interfaces ) adalah bagian operating system, services dan libraries yang diperlukan untuk memanfaatkan beberapa feature yang diperlukan. Sedangkan SDK adalah kumpulan dari libraries dan API yang sudah siap digunakan untuk memodifikasi program yang menggunakan operating system dan services yang sama. Biasanya, game engine menyertakan keduanya.


*      Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar