Selasa, 03 Juli 2012

Game Engine


Pada postingan kali ini masih membahas tentang game engine, tetapi yang dibahas kali ini adalah tipe dan jenis game engine tersebut.
Tipe-tipe Game Engine
Berikut ini adalah 3 tipe dari game engine. Di antaranya :
§      Roll-your-own game engine
Game engine ini mempunyai kelebihan diantaranya kemungkinan besar tersedia gratis, dan juga memperbolehkan mereka, para developer, lebih fleksibel dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine mereka sendiri. Sedangkan kelemahannya adalah banyak engine yang dibuat dengan cara semacam ini malah menyerang balik developernya.
§      Mostly-ready game engines
Biasanya game engine semacam ini memiliki batasan batasan, terutama jika dibandingkan dengan game engine sebelumnya yang benar benar terbuka lebar. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi terlalu banyak error yang mungkin terjadi setelah sebuah game yang menggunakan engine ini dirilis, dan masih memungkinkan game engine nya itu sendiri untuk mengoptimalkan kinerja game nya. Banyak dari game engine seperti ini, Unreal Engine, Source Engine, id Tech Engine dan sebagainya, yang sudah sangat optimal dibandingkan jika harus membuat dari awal. Hal ini dengan serta merta menyingkat sangat banyak waktu dan jelas, biaya dari para Developer game.
§      Point-and-click engines
Engine untuk point-and-click merupakan engine yang sangat amat dibatasi, tapi dibuat sangat user friendly. Kelemahan dari game engine ini adalah terbatasnya jenis interaksi yang bisa dilakukan, dan biasanya hal ini mencakup semuanya, mulai dari grafis, hingga tata suara. Tapi bukan berarti game engine jenis ini nggak berguna, bagi developer cerdas dan berdaya kreativitas tinggi, game engine bapuk seperti ini bisa dirubah menjadi sebuah game menyenangkan, seperti flow. Game engine seperti ini memang ditujukan bagi developer yang ingin menyingkat waktu pemrogramman, dan secepatnya merilis game game mereka.
Jenis-jenis Game Engine
            Jenis-jenis game engine terdiri dari 2 jenis yaitu:
i.        Freeware game engine
v  Blender
v  Golden T Game Engine(GTGE)
v  DXFramework
v  Ogre
v  Aleph One
v  Axiom Engine
v  Allegro Library
v  Box 2D
v  Build Engine
v  Cube
v  Cube 2
v  Dark Places
v  jMonkey Engine(jME)
v  Panda 3D
v  Sphere

ii.      Commercial engines
v  Alamo
v  A.L.I.V.E
v  BigWorld
v  DXStudio
v  Dunia Engine
v  Euphoria
v  GameStudio
v  Jade Engine
v  Jedi
v  Medusa
v  RPG Maker VX
v  RPG Maker XP
v  RPG Maker 2003
v  RPG Maker 95
v  Vision Engine
v  Visual 3D

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar