Pengertian
Augmented reality adalah teknologi
yang menggabungkan dua dimensi atau tiga dimensi di dalam suatu lingkungan
nyata. Berbeda dengan virtual reality yang seutuhnya menggantikan lingkungan nyata,
augmented reality hanya melengkapi atau menambahkan objek dalam suatu
lingkungan nyata.
Augmented reality memiliki fungsi
sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya terhadap
lingkungan nyata. Sehingga informasi yang berada dalam dunia maya dapat
membantu pengguna dalam melaksanakan kegiatannya di dunia nyata. Augmented
reality juga sangat berpengaruh dalam pendidikan, pelatihan, perbaikan atau
pemeliharaan, manufaktur, militer, permainan dan hiburan.
Sejarah
Augmented
reality sebenarnya sudah ada sejak tahun 1957-1962, saat seorang penemu yang
bernama Morton Heilig, seorang sinematografer, menciptakan sebuah simulator
yang disebutnya Sensorama dengan visual, getaran dan bau. Lalu di lanjutkan
dengan adanya penemuan dari tahun ke tahun sebagai berikut:
v
Tahun 1966
: Ivan Sutherland menemukan head-mounted display
v
Tahun 1972
: Myron Krueger menemukan Videoplace yang memungkinkan pengguna, dapat
berinteraksi dengan objek virtual untuk pertama kalinya
v
Tahun 1989
: Jaron Lanier, memeperkenalkan Virtual Reality dan menciptakan bisnis
komersial pertama kali di dunia maya.
v
Tahun 1992
: à mengembangkan augmented reality
untuk melakukan perbaikan pada pesawat Boeing
à LB
Rosenberg mengembangkan salah satu fungsi sistem augmented reality, yang
disebut Virtual Fixtures, yang digunakan di Angkatan Udara Amerika Serikat
Armstrong Labs dan menunjukan manfaatnya pada manusia
à
Steven Feiner, Blair Maclntyre dan Doree Seligmann memperkenalkan untuk pertama
kalinya Major Paper untuk perkembangan Prototype AR.
v Tahun 1999 : Hirokazu Kato seorang kebangsaan
Jepang, mengembangkan Augmented Reality Toolkit di HITLab dan didemonstrasikan
di SIGGRAPH
v Tahun 2000 : Bruce.H.Thomas mengembangkan
Augmented Reality Quake, sebuah Mobile Game Augmented Reality yang ditunjukan
di International Symposium on Wearable Computers
v Tahun 2008 : Wikitude Augmented Reality Travel
Guide, memperkenalkan Android G1Telephone yang berteknologi augmented reality.
v Tahun 2009 : Saqoosha memperkenalkan
FLARToolkit (Flash Augmented Reality Toolkit) yang merupakan perkembangan dari
Augmented Reality Toolkit.
Perangkat
Perangkat
yang digunakan pasa teknologi augmented reality terdiri dari 3 (tiga)
perangkat, yaitu :
§
Head
Mounted Display
Head Mounted Display terbagi lagi
menjadi 2 jenis, yaitu :
o
Opaque Head-Mounted
Display
Berfungsi
untuk penggabungan rekaman
atas dunia nyata tersebut dengan pencitraan grafis untuk menciptakan realitas tertambah yang didasarkan pada rekaman
o
See-Through Head-Mounted
Display
Berfungsi
untuk menyerap cahaya dari
lingkungan luar, sehingga memungkinkan pengguna untuk secara langsung mengamati
dunia nyata dengan mata. Dan penggabungan optis dari pandangan atas dunia nyata dengan pencitraan grafis
§ Virtual
Retinal Display
Kelebihan dari Virtual Retina Display
adalah memproyeksikan cahaya langsung kepada retina mata pengguna. Tergantung pada intensitas cahaya yang dikeluarkan. VRD dapat menampilkan jarak pandang yang lebih luas daripada HMD dengan gambar beresolusi tinggi. Sedangkan kelemahannya adalah VRD yang ada kini masih merupakan prototipe yang masih terdapat dalam tahap perkembangan.
§ Tampilan
Berbasis Layar
Sistem berbasis layar dapat memproyeksikan gambar kepada pengguna menggunakan tabung sinar katode atau dengan layar proyeksi.
Sehingga dapat mengamati pandangan
mata kiri dan kanan secara bergiliran melalui sistem yang menutup pandang mata
kiri selagi gambar mata kanan ditampilkan, dan sebaliknya.
Adapun Perbedaan antara Virtual Reality dan Augmented
Reality yaitu :
Virtual Reality mengacu pada penggabungan dari objek dunia nyata ke dunia
digital/maya.
Augmented Reality merupakan kebalikan dari Virtual
reality yang berarti
integrasi elemen-elemen digital yang ditambahkan ke dalam dunia nyata secara
realtime dan mengikuti keadaan lingkungan yang ada di dunia nyata. Dalam banyak hal, Augmented Reality merupakan upaya
untuk menggabungkan elemen digital dengan benda-benda fisik.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar