Selasa, 03 Juli 2012

Augmented Reality


Pengertian
            Augmented reality adalah teknologi yang menggabungkan dua dimensi atau tiga dimensi di dalam suatu lingkungan nyata. Berbeda dengan virtual reality yang seutuhnya menggantikan lingkungan nyata, augmented reality hanya melengkapi atau menambahkan objek dalam suatu lingkungan nyata.
            Augmented reality memiliki fungsi sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya terhadap lingkungan nyata. Sehingga informasi yang berada dalam dunia maya dapat membantu pengguna dalam melaksanakan kegiatannya di dunia nyata. Augmented reality juga sangat berpengaruh dalam pendidikan, pelatihan, perbaikan atau pemeliharaan, manufaktur, militer, permainan dan hiburan.
Sejarah
            Augmented reality sebenarnya sudah ada sejak tahun 1957-1962, saat seorang penemu yang bernama Morton Heilig, seorang sinematografer, menciptakan sebuah simulator yang disebutnya Sensorama dengan visual, getaran dan bau. Lalu di lanjutkan dengan adanya penemuan dari tahun ke tahun sebagai berikut:
v  Tahun 1966 : Ivan Sutherland menemukan head-mounted display
v  Tahun 1972 : Myron Krueger menemukan Videoplace yang memungkinkan pengguna, dapat berinteraksi dengan objek virtual untuk pertama kalinya
v  Tahun 1989 : Jaron Lanier, memeperkenalkan Virtual Reality dan menciptakan bisnis komersial pertama kali di dunia maya.
v  Tahun 1992 : à mengembangkan augmented reality untuk melakukan perbaikan pada pesawat Boeing
  à LB Rosenberg mengembangkan salah satu fungsi sistem augmented reality, yang disebut Virtual Fixtures, yang digunakan di Angkatan Udara Amerika Serikat Armstrong Labs dan menunjukan manfaatnya pada manusia
  à Steven Feiner, Blair Maclntyre dan Doree Seligmann memperkenalkan untuk pertama kalinya Major Paper untuk perkembangan Prototype AR.
v  Tahun 1999 : Hirokazu Kato seorang kebangsaan Jepang, mengembangkan Augmented Reality Toolkit di HITLab dan didemonstrasikan di SIGGRAPH
v  Tahun 2000 : Bruce.H.Thomas mengembangkan Augmented Reality Quake, sebuah Mobile Game Augmented Reality yang ditunjukan di International Symposium on Wearable Computers
v  Tahun 2008 : Wikitude Augmented Reality Travel Guide, memperkenalkan Android G1Telephone yang berteknologi augmented reality.
v  Tahun 2009 : Saqoosha memperkenalkan FLARToolkit (Flash Augmented Reality Toolkit) yang merupakan perkembangan dari Augmented Reality Toolkit.
Perangkat
            Perangkat yang digunakan pasa teknologi augmented reality terdiri dari 3 (tiga) perangkat, yaitu :
§      Head Mounted Display
Head Mounted Display terbagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu :
o   Opaque Head-Mounted Display
Berfungsi untuk penggabungan rekaman atas dunia nyata tersebut dengan pencitraan grafis untuk menciptakan realitas tertambah yang didasarkan pada rekaman
o   See-Through Head-Mounted Display
Berfungsi untuk menyerap cahaya dari lingkungan luar, sehingga memungkinkan pengguna untuk secara langsung mengamati dunia nyata dengan mata. Dan penggabungan optis dari pandangan atas dunia nyata dengan pencitraan grafis
§      Virtual Retinal Display
Kelebihan dari Virtual Retina Display adalah memproyeksikan cahaya langsung kepada retina mata pengguna. Tergantung pada intensitas cahaya yang dikeluarkan. VRD dapat menampilkan jarak pandang yang lebih luas daripada HMD dengan gambar beresolusi tinggi. Sedangkan kelemahannya adalah VRD yang ada kini masih merupakan prototipe yang masih terdapat dalam tahap perkembangan.
§      Tampilan Berbasis Layar
Sistem berbasis layar dapat memproyeksikan gambar kepada pengguna menggunakan tabung sinar katode atau dengan layar proyeksi. Sehingga dapat mengamati pandangan mata kiri dan kanan secara bergiliran melalui sistem yang menutup pandang mata kiri selagi gambar mata kanan ditampilkan, dan sebaliknya.
Adapun Perbedaan antara Virtual Reality dan Augmented Reality yaitu :
Virtual Reality mengacu pada penggabungan dari objek dunia nyata ke dunia digital/maya.
Augmented Reality merupakan kebalikan dari Virtual reality yang berarti integrasi elemen-elemen digital yang ditambahkan ke dalam dunia nyata secara realtime dan mengikuti keadaan lingkungan yang ada di dunia nyata. Dalam banyak hal, Augmented Reality merupakan upaya untuk menggabungkan elemen digital dengan benda-benda fisik. 


Referensi         :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar