Selasa, 03 Juli 2012

Virtual Reality


Pengertian
            Virtual reality adalah teknologi yang di buat sehingga pengguna mampu berinteraksi dengan suatu lingkungan yang di buat oleh komputer, lingkungan itu sendiri merupakan lingkungan yang di tiru dari kehidupan nyata atau bisa dikatakan lingkungan yang bersifat imaginasi. Sederhananya, virtual reality adalah pemunculan gambar-gambar yang bersifat tiga dimensi yang di lakukan oleh computer sehingga terlihat nyata. Virtual Reality sering digunakan untuk menggambarkan berbagai aplikasi, umumnya terkait dengan mendalam, sangat visual, 3D lingkungan.
Elemen virtual reality
Elemen virtual reality terdiri dari :
1.      Virtual World/Dunia Virtual
yaitu content dari sebuah medium yang diberikan. Dapat berupa screen play/script. Aktor yang memperagakan permainan memungkinkan kita untuk mengalami virtual world.
2.      Immersion
yaitu sensasi berada di dalam sebuah lingkungan. Di bagi menjadi beberapa jenis diantaranya :
-          mental immersion : suspension of disbelief
-          physical immersion : secara badan/fisik memasuki media
-          mentally immersed : sensasi user berada di dalam virtual environment
3.      Sensory Feddback
yaitu informasi mengenai virtual world ditampilkan ke indra user. Dapat bersifat secara visual (paling umum), audio, atau sentuhan.
4.      Interactivity
Virtual World merespon aksi user. Komputer membuat hal ini menjadi mungkin dan real time. 
Konsep Virtual Reality
            System virtual reality sekarang lebih digunakan melalui informasi sentuhan. Dalam buku The Metaphysics of Virtual Reality, Michael R. Heim mengidentifikasi tujuh konsep yang berbeda Virtual Reality yaitu :
·         Simulasi
·         Interaksi
·         Kepalsuan
·         Imersi
·         Tele Presence
·         Seluruh Tubuh Imersi
·         Jaringan Komunikasi
Untuk memasuki Virtual Reality, pengguna harus mengenakan sarung tangan khusus, earphone, dan kacamata khusus yang terhubung dengan komputer dan sistem yang di dalamnya. Melalui cara ini, setidaknya tiga indera tubuh kita terkontrol oleh computer.dan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi, pengguna tetap di awasi oleh orang yang ahli dalam virtual reality. Biasanya virtual reality di lakukan dalam pelatihan militer untuk perang, terjun bebas, dan lain-lain.

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_maya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar