Minggu, 03 April 2011

Perkembangan web

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, membuat teknologi terus berkembang dengan cepat sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Perkembangan web dari awal pertama kali yaitu :

1. WEB 1.0

Merupakan bentuk web paling awal atau generasi pertama yang bersifat read-only. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesaninformasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif.

Beberapa karakteristik Web 1.0 sebagai berikut :

· Halaman statis, tidak bersifat dinamis.

· Penggunaan frame-set pada halaman web.

· Menggunakan tag dan ekstensi HTML.

· Online guestbook.

· Penggunaan tombol/banner dalam format GIF, biasanya 88×31 piksel dalam ukuran web browser dan mempromosikan produk lain.


2. WEB 2.0

Adalah perkembangan web generasi kedua. Teknologi Web 2.0 ini merupakan teknologi web yang menyatukan teknologi-teknologi yang ada sebelumnya dalam membangun web. Penyatuan tersebut merupakan gabungan dari HTML, CSS, JavaScript, XML, dan AJAX. Sifat Web 2.0 adalah Read-Write. Perkembangan Web 2.0 lebih menekankan pada perubahan cara berpikir dalam menyajikan konten dan tampilan di dalam sebuah website. Web dan sosial dimulai dengan lahirnya berbagai sarana seperti wikipedia, blog, friendster.


3. WEB 3.0

Web 3.0 adalah generasi ketiga dari layanan internet berbasis web. Web 3.0 mencoba menyempurnakan Web 2.0 dengan memberikan penekanan penelitian pada Semantic Web, Ontology, Web Service, Social Software, Folksonomies dan Peer-to-Peer. Dalam era Web 3.0, pengembangan aspek sosial sebuah web mulai dipertimbangkan. Aspek sosial yang dimaksud, terutama adalah aspek interaksi. Dimana sebuah web itu dapat membuat suatu interaksi kepada pengguna lainnya yang untuk memenuhi kebutuhan dalam mendapatkan suatu informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar