Minggu, 31 Oktober 2010

Teori Digital

Teori Digital adalah sebuah konsep pemahaman dari perkembangan Zaman mengenai Teknologi dan Sains, dari semua yang bersifat manual menjadi otomatis ,dan dari semua yang bersifat rumit menjadi ringkas . Digital adalah sebuah metode yang Complex, dan fleksibel yang membuatnya menjadi sesuatu yang pokok dalam kehidupan manusia.Teori Digital selalu berhubungan dengan Media , karena Media adalah sesuatu yang terus berkembang . Mungkin banyak diantara kita masih belum faham yang namanya New Media /Media baru . New media / media baru adalah media yang terbentuk dari interaksi manusia dengan teknologi.


Modernisasi dan ‘Old media’

Modernisasi adalah istilah umum yang kita berikan untuk cara yang digunakan masyarakat dalam menanggapi perubahan yang terjadi selama revolusi industry. Dengan berakar pada pencerahan periode abad ke-18, modernisasi cenderung untuk menantang dan teokratis yang berpusat pada Tuhan, pengertian tentang dunia yang telah membantu mendefinisikan masyarakat atau manusia di masa lalu.

Andreas Huyssen menunjukkan, modernisme hampir konsisten 'tanpa henti dalam Surat permusuhan dengan budaya massa '(1986: 238), dengan alasan bahwa hanya' seni tinggi '(terutama strain yang dikenal sebagai '-avant garde') yang bisa mempertahankan peran sosial dan estetika kritik. Inilah ketegangan antara kedua ekstrem (sebuah 'mindless' budaya massa versus-avant garde yang 'tercerahkan') yang mungkin paling eksplisit didefinisikan modernisme reaksi terhadap perkembangan awal media pada abad kedua puluh.


Postmodernism and New Media

Menurut Pauline Rosenau (1992) mendefinisikan Postmodern secara gamblang dalam istilah yang berlawanan antara lain: Pertama, postmodernisme merupakan kritik atas masyarakat modern dan kegagalannya memenuhi janji-janjinya. Juga postmodern cenderung mengkritik segala sesuatu yang diasosiasikan dengan modernitas, seperti pada akumulasi pengalaman peradaban Barat yaitu industrialisasi, urbanisasi, kemajuan teknologi, negara bangsa, kehidupan dalam jalur cepat. Namun mereka meragukan prioritas-prioritas modern seperti karier, jabatan, tanggung jawab personal, birokrasi, demokrasi liberal, toleransi, humanisme, egalitarianisme, penelitian objektif, kriteria evaluasi, prosedur netral, peraturan impersonal dan rasionalitas. Kedua, teoritisi postmodern cenderung menolak apa yang biasanya dikenal dengan pandangan dunia (world view), metanarasi, totalitas, dan sebagainya. Media Modern / New Media adalah media yang sedang berkembang saat ini dalam konteks teknologi,informasi maupun komunikasi. Media Modern menjadi Payung Kehidupan yang menghubungkan Manusia dengan Manusia, dan Manusia dengan Teknologi pada abad ini.


Sumber :

http://kingheruprasdodi.wordpress.com/2010/09/27/teori-digital

http://androidship.wordpress.com/2010/09/28/teori-digital

Digital Cultures Understanding New Media By Glen Creeber and Royston Martin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar