Minggu, 31 Oktober 2010

internet

Internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Internet juga dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yang menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana didalamnya ada berbagai aneka informasi. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking, yang berarti hubungan dari banyak jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, salelit, dan lainnya.


Fasilitas Internet

Saat ini jika berbicara tentang internet, sudah banyak aplikasi yangtersedia seiring dengan peerkembangan zaman dan kemajuan eknologi informasi. Beberapa fasilitas atau aplikasi yang ada pada internet, diantaranya :


1. World Wide Web (WWW)

Dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen web dibuat dengan menggunakan format HTML. Web Browser pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Melalui web kita bisa mengakses informasi-informasi tidak hanya berupa teks, tapi juga gambar-gambar, suara, film, dan lain-lain. Untuk mengakses web dibutuhkan software yang disebut browser. Browser terpopuler saat ini adalah Microsoft Internet Explorer dan Netscape Communicator.

2.E-mail (Electronic Mail)

Sebuah layanan untuk pengiriman surat elektronik. Jika dibandingkan dengan pos, fasilitas e-mail jauh lebih cepat. Kita bisa mengirim e-mail ke teman anda yang berada di luar negeri hanya dalam waktu beberapa menit. Untuk mengirim atau menerima e-mail dibutuhkan program e-mail yang juga terdapat di Microsoft dan Netscape Communicator


3.Mailing List

Sering disebut dengan milis, yaitu layanan internet sebagai pengembangan dari email yang difungsikan untuk berdiskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail. Setiap e-mail yang dikirim akan disampaikan kepada seluruh anggota sehingga mendapatkan informasi.

4. INTER RELAY CHAT (CHATTING)

Aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet. Bercakap-cakap di internet dikenal dengan istilah chatting.

5. NEWSGROUP

Aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Biasanya, anggota forum newsgroup mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama serta membahas topik-topik tertentu.

6. FILE TRANSFER PROTOCOL (FTP)

aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari komputer lain. FTP biasa digunakan untuk download dan upload file. File yang dikirim dapat berupa file naskah (word), gambar, animasi, musik dll.

7. Telnet.

Dengan menggunakan telnet kita bisa menggunakan komputer untuk berhubungan dengan komputer orang lain dan mencari atau mengambil informasi-informasi yang ada di komputer tersebut. elnet dapat digunakan jika kita mempunyai IP Address dengan User ID and Password ke komputer tersebut.



Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Internet

Digital Cultures Understanding New Media By Glen Creeber and Royston Martin

http://seputar-internet.blogspot.com/2009/03/berbagai-aplikasi-internet.html

http://pakmulkom.blogdetik.com/2008/09/11/1-pengertian-manfaat-dan-fasilitas-internet/

http://gnsc.informe.com/blog/?page_id=6

http://0911221008.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar