Selasa, 18 Oktober 2011

Mengenal grafik, bitmap, vektor

Pada mata kuliah softskill semester ini, akan membahas tentang “Desain Pemodelan Grafik”. Desain Pemodelan Grafis itu sendiri yaitu mempelajari tentang membentuk, memanipulasi, dan memuat suatu objek dengan menggunakan media gambar sebagai bentuk komunikasi visual untuk yang menyampaikan suatu informasi. Didalam pemodelan desain grafis ada :

Grafik

Secara umum grafik adalah gambar yang berupa garis turun naik dalam titik ke titik yang memiliki fungsi untuk menjelaskan perubahan data berupa angka kedalam bentuk gambar, huruf, tanda agar lebih mudah dipahami yang diperbanyak melalui suatu proses mencetak. Contoh : foto, line art, grafik, diagram, angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain.

Di dalam desain grafis, untuk mempresentasikan gambar ada yang menggunakan vektor dan bitmap.

Vektor

Merupakan suatu format gambar yang dibentuk dari titik dan garis yang berdasarkan dengan persamaan perhitungan matematika. Kumpulan dari garis dan titik akan menjadi suatu obyek atau gambar, sehingga apabila resolusi gambar diperbesar atau diperkecil tidak akan merusak kualitas gambar dan gambar tidak akan pecah. Ukuran gambar vektor itu lebih kecil dibandingkan dengan bitmap. Keuntungan lain dengan menggunakan vektor, dan juga untuk menggambar dan menyunting akan lebih mudah. Adapun format dari vektor : ai (Adobe Illustrator), CDR (CorelDraw), CMX (Corel Exchange), CGM (Computer Graphics Metafile), DRW (Micrografix Draw), DXF (AutoCad) dan WMF (Windows Metafile).

Pada grafis vektor jika kita ingin mempresentasikan suatu gambar dapat dengan kurva dan garis. Ukuran penyimpanannya pun relatif kecil, karena filenya tergantung dari ukuran gambar dan resolusinya. Dan karena resolusi yang bebas dan dapat di-skala ke dalam ukuran yang tak terbatas, sehingga dapat dicetak dan ditampilkan dalam resolusi berapa saja, sehingga grafis vektor lebih sering dipakai untuk logo atau juga desain lain dengan ilustrasi bentuk geometris sederhana. Sedangkan program yang dipakai untuk mempresentasikan gambar dengan vektor, yaitu : CorelDraw, Adobe Illustrator, Macromedia Freehand.

Bitmap

Merupakan objek gambar yang dibentuk berdasarkan titik - titik yang membentuk baris dan kolom dan juga kombinasi warna. Baris dan kolom tersebut berbentuk seperti susunan kotak yang kecil yang disebut pixel. Sifat dari bitmap dipengaruhi oleh besaran resolusi, yang semakin besar resolusi maka gambar akan semakin baik, tapi jika resolusinya diperbesar melampaui batas maksimun dari resolusi tersebut maka gambar akan menjadi pecah. Format penyimpanan PSD, TIF, JPEG, GIF, BMP, software yang diigunakan adalah adobe photoshop, corel Photo paint, MS Paint. Biasanya yang berbasis bitmap digunakan untuk foto dari hasil bidikan kamera.

Gambar berbasis bitmap


Pada gambar sebelah kiri gambar ketika ukuran normal ketika gambar diambil. Tetapi apabila diperbesar gambarnya akan seperti disebelah kanan yaitu gambar akan pecah / blur.

http://thisismyhomework.wordpress.com/2010/02/25/desain-permodelan-grafik/

http://id.wikipedia.org/

http://chugygogog.blogspot.com/2011/01/sofwer-gratis-untuk-membuat-desain.html

http://www.ahlidesain.com/perbedaan-vektor-dan-bitmap.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar