e-Business atau Electronic
business dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang
berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang
dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai
medium komunikasi dan transaksi, dan salah satu aplikasi teknologi
internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan
pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha.
E-Business juga dapat
didefinisikan sebagai penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk
mendukung seluruh kegiatan usaha dan dapat dilakukan dengan menggunakan Web ,
Internet, intranet , extranet , atau beberapa kombinasi dari semuanya. Jadi
E-business ini tidak hanya menangani kegiatan jual beli saja melainkan semua
kegiatan yang ada pada usaha tersebut termasuk didalamnya yaitu e-commerce.
E-business memiliki
karakteristik tujuan yang sama dengan bisnis secara konvensional, hanya saja
e-business memiliki scope yang berbeda. Bisnis mengandalkan pertemuan antar
pebisnis seperti halnya rapat ditempat khusus, atau sekedar untuk berkenalan
dengan partner bisnis, sedangkan e-business mengandalkan media Internet sebagai
sarana untuk memperoleh tujuannya. Menurut Turban, e-business atau bisnis
elektronik merujuk pada definisi e-commerce yang lebih luas, tidak hanya
pembelian dan penjualan barang serta jasa, tetapi juga pelayanan pelanggan,
kolaborasi dengan mitra bisnis, e-learning, dan transaksi elektronik dalam
perusahaan (2005:182).
Ø Pelaku E-business:
Organisasi,
konsumen, perusahaan, supplier, pekerja dan rekan bisnis
Ø Alat/Media/Sumber
Daya yang digunakan
·
Teknologi informasi dan komunikasi
·
Komputer(data yang telah terkomputerisasi)
·
Internet
Ø Kegiatan Sasaran
·
Kegiatan bisnis
·
Proses bisnis utama
·
Pembelian, penjualan, pelayanan, transaksi
Ø Tujuan
·
Koordinasi, komunikasi dan pengelolaan organisasi
·
Transformasi proses bisnis
·
Sharing informasi
Ø Keuntungan
·
Pendekatan yang aman, fleksibel dan terintegrasi
·
memberikan nilai bisnis yang berbeda
·
Efisien
·
Peningkatan produktivitas dan keuntungan
7 strategi taktis
untuk sukses dalam e-Business :
1.
Fokus.
Produk-produk yang dijual di internet harus menjadi bagian yang fokus dari
masing-masing manajer produk.
2.
Banner berupa teks,
karena respons yang diperoleh dari banner berupa teks jauh lebih tinggi dari
banner berupa gambar.
3.
Ciptakan 2 level afiliasi. Memiliki distributor penjualan
utama dan agen penjualan kedua yang membantu
penjualan produk/bisnis.
4. Manfaatkan kekuatan e-mail. E-mail adalah aktivitas pertama yang paling banyak
digunakan di Internet, maka pemasaran dapat dilakukan melalui e-mail atas dasar
persetujuan.
5. Menulis artikel.
Kebanyakan penjualan adalah hasil dari proses edukasi atau sosialisasi,
sehingga produk dapat dipasarkan melalui tulisan-tulisan yang informatif.
6.
Lakukan e-Marketing. Sediakan sebagian waktu untuk
pemasaran secara online.
7. Komunikasi instan.
Terus mengikuti perkembangan dari calon pembeli atau pelanggan tetap untuk
menjaga kepercayaan dengan cara komunikasi langsung.
Faktor-faktor
penyebab kegagalan E-business
·
Penerapan e-business tidak diikuti change management
·
Tidak profesionalnya vendor tekhnologi informasiyang menjadi
mitra bisnis
·
Buruknya infrastruktur komunikasi
·
Tidak selarasnya strategi TI dengan strategi perusahaan
·
Adanya masalah keamanan dalam berinteraksi
·
Kurangnya dukungan financial
·
Belum adanya peraturan yang mendukung dan melindungi
pihak-pihak yang berinteraksi [eyberlaw]
·
Menggunakan target jangka pendek sebagai pijakan investasi
e-business
Sumber :
Hei kawan, karena kita ini mahasiswa Gunadarma, tolong ya blognya di kasih link UG, seperti www.gunadarma.ac.id, studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain karna link link tersebut mempengaruhi kriteria penilaian mata kuliah soft skill
BalasHapusSelain itu, Yuk ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma.
Edisi Desember 2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang untuk setiap kategori.
link studentsite.gunadarma.ac.id
Oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan BAAK, maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian...untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS, silahkan kunjungi link ini hanum.staff.gunadarma.ac.id
makasi :)
air jordan flight 45 high jordan 45 flight jordan 18 14 jordans jordan 13 air jordan 13 jordan air 13 jordan 12 air jordan 12 colorways jordan 11 jordan 11 legend blue jordan retro 11 legend blue air jordan 11 jordan 10 jordan melo m10 nike air jordan 10 jordan 9 air jordan 9 jordans 29 jordan 7 jordans 7 jordans air 7 jordan 3 jordan 3s
BalasHapus