Sabtu, 12 November 2011

Interaksi Manusia dan Komputer

Setelah kita membahas tentang Desain Pemodelan Grafik. Maka akan berlanjut ke IMK atau Interaksi Manusia dan Komputer. Sebelum kita membahas lebih lanjut, kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan IMK itu sendiri?.

Interaksi manusia dan komputer adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.

Yang mendasari adanya IMK adalah karena kebutuhan manusia untuk berinteraksi dengan computer yaitu menggunakan sejumlah menu maupun teks.atau juga bisa menggunakan alat bantu masukan(input),yang berupa nouse ataupun keyboard.dan juga memerlukan alat bantu keluaran(output unit),yang dimana data-data tersebut dapat disimpan dalam media penyimpanan yang biasa disebut memori unit.Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia & komputer untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer.

Dan tanpa disadari manusia (user) telah berinteraksi atau berdialog dengan sebuah benda (layar monitor), yaitu dalam bentuk menekan tombol berupa tombol angka dan huruf yang ada pada keyboard atau melakukan satu sentuhan kecil pada mouse. Yang diberikan kepada komputer yang berupa deretan angka dan huruf. Yang kemudia diolah didalam komputer yang menjadi keluaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia. Adapun ilmu atau bidang lain yang berhubungan dengan IMK.

A. Teknik Elektronika dan Ilmu Komputer

Perancangn ini bersifat merancang konsep utama dari sistem hardware dan software. Kalau manfaat dari hasil kegiatan interaksi adalah membantu dalam menyelesaikan pekerjaan. memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCIB.

Psikologi

Dimana perancang membuat media interaksi manusia dan komputer tidak terlalu sulit sehingga pengguna tidak mengalami stress jika mengoperasikan komputer. Memahami bagaimana pengguna dapat menggunakan sifat dan kebiasaan baiknya agar dapat menjodohkan mesin dengan manusia sehingga dapat bekerjasama.

C. Perancangan grafis dan tipografi

Memanfaatkan gambar sebagai sarana dialog yang cukup efektif antara manusia dan komputer.

D. Ergonomik

Berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman ketika berinteraksi dengan komputer

E. Antropologi

Pandangan mendalam tentang cara kerja berkelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan memberikan kontribusi teknologi pengetahuan sesuai dengan bidangnya masing-masing

F. Linguistik (bahasa)

Bahasa merupakan sarana komunikasi yang akan mengarahkan pengguna ketika ia berinteraksi dengan komputer.

G. Sosiologi

Berkaitan dengan studi tentang pengaruh sistem manusia dengan komputer dengan struktur sosial. Misal: Dampak komputerisasi terhadap keberadaan seorang user disebuah perusahaan.

Referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Interaksi_manusia-komputer

http://dya08webmaster.blog.com/2011/02/27/interaksi-manusia-dan-komputer/

http://nshafitri-imk.blogspot.com/

http://adnansocial.blogspot.com/2011/02/interaksi-manusia-dengan-komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar